Jumat, 20 Mei 2022

Pengelolaan Keuangan dengan Investasi

 

Pengelolaan Keuangan

Tiap orang pasti ingin sukses dalam mengelola keuangan. Masalahnya, banyak yang masih belu tahu tentang pengelolaan keuangan yang baik & benar. Mengelola keuangan bertujuan agar bisa meminimalisir masalah ekonomi di masa mendatang. Dengan mengelola keuangan yang baik, kesuksesan di masa mendatang akan lebih mudah diraih.


Tahapan-tahapan dalam Mengelola Keuangan

Mengelola uang tak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa tahapan supaya tujuan tercapai. Agar sukses di masa mendatang, ikuti tahapan dalam mengelola uang sebagai berikut:


Pencatatan harta/aset yang dimiliki

Kamu harus mencatat asset-aset milikmu dengan baik, termasuk asset produktif & konsumtif. Asset produktif merupakan asset yang bisa memberikan keuntungan ketika asset itu dijual lagi, karena nilainya meningkat. Misalnya adalah rumah dan tanah. Di sisi lain, asset konsumtif merupakan asset yang tidak memberi keuntungan dan saat dijual lagi nilainya akan turun. Misalnya adalah gadget & perlengkapan rumah tangga.


Mencatat semua pemasukan & pengeluaran

Penting untuk selalu mencatat pemasukan & pengeluaran. Dengan rekapan arus kas keuanganmu, kamu bisa menganalisa keuangan yang sudah dikeluarkan. Dengan pencatatan rutin, kamu bisa menganalisa komponen pengeluaran yang tidak perlu dan melihat peluang pemasukan tambahan.


Memperhatikan pengeluaran rutin

Ini termasuk tahapan penting untuk diperhatikan dalam mengelola keuangan. Memperhatikan pengeluaran rutin diperlukan untuk merencanakan kembali & melakukan pemetaan terhadap pengeluaran, baik itu pengeluaran rutin bulanan maupun tahunan.


Menyusun budgeting

Mengelola keuangan tak bisa lepas dari penyusunan budgeting. Untuk Menyusun budget, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Membedakan mana kebutuhan mana keinginan.

Memilih mana yang dijadikan prioritas kebutuhan.

Merencanakan program untuk masa mendatang

Untuk bisa mengelola uang lebih baik, kamu harus merencanakan keperluan jangka Panjang dengan lebih baik. Ketika merencanakan program untuk masa depan, kamu harus memperkirakan target periode serta dana yang diperlukan. Kemudian, jangan lupa tentukan target dana yang harus disisihkan tiap bulan.


Menabung secara periodic

Karena kamu perlu mempersiapkan dana untuk masa depan, kamu harus menabung secara periodic. Selain menabung, kamu juga bisa melakukan investasi. Kalau kamu lebih suka menabung, kamu tidak akan memperoleh keuntungan. Tapi kalau lebih memilih investasi, kamu bisa memperoleh keuntungan dari investasi tersebut.


Investasi P2P Lending Bersama Akseleran

Menabung memang bagus. Bahkan, sejak kecil kita sudah diajari untuk menabung oleh orangtua maupun guru. Dengan menabung, kita punya dana cadangan untuk keperluan mendadak ataupun keperluan di masa depan seperti menyekolahkan anak, membangun rumah, membeli mobil, ataupun target lain yang kita inginkan.


Di era modern ini, menabung bukan satu-satunya cara untuk mencapai target di masa depan. Bahkan, akhir-akhir ini, investasi lebih banyak digemari masyarakat. Pasalnya, investasi menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan menabung.


Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap kalau investasi harus dengan modal besar. Padahal, investasi tak selamanya membutuhkan modal awal yang besar. Misalnya saja P2P Lending yang bisa dimulai hanya dengan 100 ribu rupiah saja.


Dengan modal yang sangat minim, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal, bahkan hingga 12% per tahunnya. Tentu saja, ini menjadi alternatif yang tidak boleh disia-siakan. Melakukan investasi artinya kamu akan memiliki penghasilan passive tanpa harus capek-capek kerja.


Investasi tak melulu soal emas, property, saham, reksa dana, dll. P2P Lending adalah salah satu instrument investasi yang tengah naik daun. Bagaimana tidak, kamu bisa mendapatkan keuntungan investasi sekaligus membantu para pelaku UKM di Indonesia. Pasalnya, uang yang kita investasikan akan digunakan sebagai modal usaha oleh mereka. Dananya dikelola oleh professional dan platformnya sudah diawasi resmi oleh OJK. Artinya, keamanannya sangat terjamin.


Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi P2P Lending Indonesia, kamu dapat menghubungi CS Akseleran melalui telepon atau email. Karena investasi ini membantu UKM, artinya kamu juga turut memberikan kontribusi untuk ekonomi nasional. Karenanya, jika kamu masih bingung caranya mengembangkan dana, tak ada salahnya untuk mencoba mulai melakukan investasi P2P Lending yang sudah terbukti keamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar