Jumat, 16 September 2022

Apa Itu Investasi? Tips Dalam Berinvestasi Bagi Pemula

 

Apa Itu Investasi

Apa itu investasi? Secara umum pengertian investasi yaitu penanaman harta atau dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan selama jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang lebih baik di masa yang akan datang. Ada banyak hal yang terlibat dalam kegiatan ini, dan beberapa di antaranya yaitu jumlah dan tujuan dari investasi itu sendiri. 


Bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi, baik lokal maupun internasional, istilah “investasi” bukanlah sesuatu yang baru. Namun sebagai permulaan, diperlukan penjelasan singkat dan jelas tentang dasar-dasar dan cara berinvestasi sehingga Anda bisa memilih jenis investasi yang tepat dan bisa menghindari kerugian akibat ketidaktahuan.


Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Berinvestasi

Jika ada di antara Anda yang ingin mencoba memulai investasi, pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut, seperti:


Jangan berinvestasi dengan tergesa-gesa. Penting untuk dipahami atau diteliti secara menyeluruh, termasuk instrumen investasi yang paling potensial untuk dipilih.

Jangan bertindak spekulatif.

Pertimbangkan investasi waktu.

Ketahui berapa banyak modal yang bisa Anda siapkan.

Memahami risiko yang mungkin timbul sebagai investor dan jenis investasi yang dipilih. 


Panduan Sederhana dalam Cara Berinvestasi

Ada banyak istilah dalam bisnis investasi yang membutuhkan rangkaian penjelasan yang panjang. Tetapi untuk tahap awal, Anda dapat fokus pada dasar-dasar berikut:


Memiliki tujuan yang jelas. Mengapa tujuan investasi begitu penting? Memang jika tidak memiliki tujuan yang jelas, akan sulit untuk menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil. Sasaran akan mempengaruhi jenis investasi yang harus Anda lakukan, mulai dari jangka waktu, bentuknya, hingga ke mana Anda ingin berinvestasi.

Nilailah jumlah modal yang bisa Anda siapkan. Modal ini diperdagangkan dengan dana atau aset yang ada. Saat ini, Anda bisa berinvestasi dengan modal Rp 100.000 atau kurang. Modal juga mempengaruhi jenis investasi, seperti emas, saham atau real estate.

Memahami risiko yang Anda ambil sebagai investor dan jenis investasi yang akan dilakukan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan peredaran uang tidak akan lepas dari faktor untung rugi. Risiko untuk diri sendiri adalah kemampuan finansial.


Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, hal pertama yang Anda lakukan tentu saja mempersiapkan modal Anda, baik saat Anda bersiap untuk memulai maupun dalam prosesnya. Dalam hal ini, pertama-tama bebas dari hutang dan memiliki penghasilan tetap dan uang ekstra adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Kemudian yang kedua adalah memahami risiko dari berbagai jenis investasi. Dalam berinvestasi, pengembalian dan risiko akan selalu berjalan beriringan. 


Beberapa jenis investasi memiliki risiko kerugian yang tinggi, namun sebenarnya berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Sebut saja sekuritas atau saham karena tidak jarang jenis investasi ini membuat investor gigit jari karena tidak mendapatkan apa-apa. 


Kemudian sisanya adalah emas. Harga emas cenderung naik setiap tahun, meski potensi keuntungannya tidak sebesar saham. Karena sifatnya yang mapan dan mudah dipahami, kebanyakan orang masih lebih memilih jenis investasi ini.


Danai UKM di Indonesia dan Dapatkan Bunga Hingga 10,5% per Tahun

Di era digital ini, ada banyak cara lain untuk menumbuhkan dana, salah satunya adalah dengan memberikan dana pinjaman. Mungkin pertanyaannya, bagaimana pemberi pinjaman dapat menumbuhkan dana? Melalui platform peer-to-peer (P2P) lending, Anda dapat memberikan modal kepada usaha kecil dan menengah yang perlu meminjam dan menikmati bunga pinjaman. 


Dengan demikian, Anda akan menerima jumlah yang Anda pinjamkan serta bunga. Jika Anda tertarik mencoba pendanaan P2P Lending, Anda bisa mencoba Akseleran. Di Akseleran Anda dapat membiayai usaha kecil dan menengah di Indonesia yang membutuhkan modal pinjaman dan pendanaan Anda akan mendapatkan bunga hingga 10,5% per tahun. 


Sumber modal di Akseleran juga sangat aman ketika lebih dari 99% dari nilai portofolio pinjaman dijamin dengan aset. Sehingga ini bisa mengurangi tingkat resiko yang ada. Akseleran juga disahkan secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membuat transaksi yang Anda lakukan lebih aman dan terjamin. Membuat Akseleran sebagai platform peer to peer lending di indonesia yang tidak perlu diragukan lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar